Sabtu, 29 Januari 2011

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN POLA EKSPLORASI, ELABORASI DAN KONFIRMASI




Madrasah
:
MTs. SUNAN BONANG SARANG
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
IX/1
Alokasi Waktu

4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
:
2.   Mengungkapkan pikiran,perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
B. Kompetensi Dasar
:
2.1  Mengkritik/memuji berbagai karya (seni/produk) dengan bahasa yang lugas dan santun

C. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menentukan kekurangan dan keunggulan karya.
  2. Siswa dapat memberikan kritik dan saran dengan bahasa yang lugas dan santun.
D.    Materi Pembelajaran
      Kritik dan saran

E.  Metode Pembelajaran
1.   Pemodelan
2.   Inkuiri
3.   Demonstrasi

F.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
  2. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar memiliki kebiasaan untuk        mengapresiasi karya seni dengan cara mengkritik/memuji dengan alasan yang logis.
5’
Tanya jawab
2
Kegiatan Inti
A.     Eksplorasi
  1. Guru membacakan sebuah cerita ringan.
  2. Guru bertanya tentang menarik dan tidaknya cerita yang dibacakan.
65’
Pemodelan
Tanya jawab
Diskusi
B.     Elaborasi
  1. Siswa mengamati karya seni.
  2. Mendata kekurangan dan kelebihan atau keunggulan karya seni atau produk.
  3. Mendiskusikan kekurangan dan keunggulan karya seni atau produk.
  4. Menyampaikan hasil diskusi.
  5. Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
C.     Konfirmasi
Guru memberikan penegasan hasil diskusi.
3
Penutup
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati karya seni/produk lalu mengapresiasinya.
10’
Penugasan
Tanya jawab

Pertemuan Kedua
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
  1. Guru dan siswa bertanya jawab tentang kegiatan yang lalu.
  2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5’
Tanya jawab
2
Kegiatan Inti
A.   Eksplorasi
  1. Guru membacakan sebuah cerita ringan.
  2. Guru bertanya tentang kekurangan dan keunggulan cerita.
65’
Pemodelan
Tanya jawab
Diskusi
B.    Elaborasi
  1. Mengamati karya seni atau produk.
  2. Mengamati pemodelan dalam mengkritik dan memuji karya seni.
  3. Mendiskusikan kelugasan dan kesantunan pengungkapan yang dilakukan oleh model.
  4. Mengkritik dan memuji karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun..
C.   Konfirmasi
Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara mengkritik dan memuji karya seni/produk yang baik.

3
Penutup
  1. Siswa dan guru melakukan refleksi.
  2. Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu.
10’
Penugasan
Tanya jawab

E.      Sumber Belajar
  1. Buku-buku fiksi
  2. Cerpen di koran / majalah.

G. Penilaian
a. Indikator
:
(1)  Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya;
(2)  Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang santun.
b.   Teknik                       : Penugasan.
c.   Bentuk instrumen       : Rubrik
d.   Soal /Instrumen           :
  1. Sebutkan keunggulan yang dimiliki cerpen yang kalian baca.
  2. Sebutkan kekurangan yang dimiliki cerpen yang kalian baca.
Rubrik
No
Aspek yang dinilai
Penskoran
3
2
1
1
2
Isi kritik
Penggunaan bahasa



Keterangan :
3 = Tepat sekali
2 = Terdapat beberapa yang tidak sesuai
1 = Tidak sesuai dengan cerpen
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100


Skor Perolehan


Nilai Akhir
=
——————–
x
Skor Ideal (100)


Skor Maksimal




Mengetahui                                                                               Sarang, 28 Juli 2010
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran,


Hj. NI'MATIN, S.Ag.                                                            M. Ali Haidar Tj, S.H, S.Pd.
                                                  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar