Selasa, 06 April 2010

Awas; Sekolah Bisa Bikin Kita Kecanduan


Oleh; Imam Labib H. R.

Ada pertanyaan besar yang harus dijawab. Benarkah sekolah itu bisa menjadi candu buat kita? Ada pepatah yang sering penulis dengarkan “Wong tresno jalaran songko kulino” orang bisa jatuh hati karena ada biasa. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Begitu pula yang terjadi dengan sekolah. Sekolah merupakan obat bius yang bisa membuat seseorang jatuh hati dan dapat dirasakan dengan kenikmatan tersendiri bagi si pecandu.

Seorang pecandu obat-obat terlarang maupun yang kecanduan menghisap rokok hasrat aslinya hanyalah ingin mencoba serta merasakan hal yang sedikit dan baru bagi dia. Pertama kali mencoba si pemakai tidak ambil pusing dia hanya cukup mengambil sesuatu itu kemudian di coba dan dirasakannya. Setelah merasakan hasil percobaan yang pertama ia akan mencoba untuk kedua kalinya dan seterusnya. Walhasil, dari hasil percobaan tersebut si pecandu mendapatkan rasa kepuasan tersendiri dengannya kemudian ia akan menjadi orang yang ketergantungan. Tak heran jika orang yang sudah kecanduan obat-obatan terlarang maupun rokok untuk dapat menghilangkannya sangatlah sulit dan harus melewati berbagai tahapan sebagai penyembuhannya.

Sekolah bisa menjadikan candu bagi kita. Hanya saja kita tidak mau untuk mencoba dan merasakan nikmatnya bersekolah. Padahal dalam hakekatnya awal dari keberanian untuk mencoba merupakan langkah awal mencapai keberhasilan. Terkadang kita sangat terpengaruhi dengan pemikiran yang menjadikan kita tidak mau melangkah untuk selanjutnya. Sering di benak kita timbul rasa bahwasanya sekolah itu hanyalah melakukan sebuah kerjaan yang sangat melelahkan dan membosankan. Statement tersebut seharusnya sudah dibuang jauh-jauh dari kita. Menurut Ari Ginanjar Agustian bahwasanya pikiran bukanlah sebuah wadah untuk diisi, melainkan api yang harus dinyalakan. Jadi untuk apa kita hanya dapat memikirkan yang ada dalam diri kita akan tetapi tidak mau untuk berbuat sesuatu dan diam tak bergerak. You don’t think what you are but you are what you think.

Menjadi seorang pecandu sekolah bukanlah hal yang sulit tapi bagaimana konsep kita agar mau mencoba memaksa dan membiasakan diri untuk bisa ke sekolah. Perubahan bukanlah hal yang menjadi beban jika mau menikmatinya dengan senikmat-nikmatnya. Belajarlah tidak hanya kepada orang-orang yang berbuat baik saja akan tetapi belajar itu tidak mengenal waktu, ruang dan tempat. Ambillah hikmah dari para pecandu barang-barang terlarang. Bagaimana mulanya ia bisa mendapatkan derajat “Pecandu”?
“ Apakah kalian tidak mau berfikir...”

Wallahu A’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar