Sabtu, 14 Desember 2013

PARAGRAF DEFINISI, JENIS DAN CONTOHNYA


Oleh : Jujuxs Ketjink
Definisi Paragraf
Paragraf  merupakan susunan beberapa kalimat yang terjalin secara utuh dan padu yang didalamnya memuat satu gagasan  utama/pikiran pokok atau pikiran utama/ide pokok. 
Gagansan Utama adalah permasalahan  yang menjadi sentral pembahasan dalam paragraf. Gagasan utama dikembangkan dengan beberapa kalimat penjelas yang mendukung. Dalam sebuah paragraf, letak gagasan utama pada umumnya diawal paragraf (deduktif), ada yang diakhir paragraf (induktif) dan juga ada yang terletak diawal dan diakhir paragraf (campuran) 

Jenis Paragraf
Ditinjau dari isinya, paragraf (karangan pada umumnya) dapat dibedakan menjadi :
  1. Paragraf  narasi (cerita)
  2. Paragraf eksposisi (paparan)
  3. Paragraf persuasi
  4. Paragraf deskripsi (cerita)
  5. Paragraf argumentasi (Pendapat)
Definisi dan Contoh dari masing-masing Paragraf
Paragraf Narasi (Cerita) 

Adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian.
Contoh : Ketika aku hendak pergi ke sekolah, aku melihat pacarmu sedang berjalan dengan wanita selain dirimu. Ku sapa dan ku senyumi dia, namun ia malu untuk menjawab dan berpaling dari mukaku, ia menganggap bahwa ketemu ketemu hantu yang akan merusak masa depannya denganmu.

Paragraf Eksposisi (Paparan) 
Adalah Paragraf yang memaparkan atau menerangkan suatu hal atau objek dengan sejelas-jelasnya.
Contoh : Festival Tongklek (Jawa) adalah sekumpulan orang yang memukul alat bambu dan dialunkan menjadi sebuah musik. Tongklek biasanya digunakan oleh masyarakat jawa untuk membangunkan masyarakat pada waktu sahur di bulan Ramadlan. Lama kelamaan tongklek dijadikan ajang Festifal se-kabupaten sebagai ajang peningkatan kreatifitas masyarakat dalam bermusik tradisional, sehingga lahirlah Festifal Tongklek sebagai ajang Festival tahunan di Kabupaten Rembang

Paragraf Persuasi 
Adalah Paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi emosionalitas pembaca.
Contoh : Dengan terbukanya kran informasi dan Teknologi di Internet, sudah waktunya Siswa MTs Sunan Bonang Sarang turut andil dalam ajang pengembangan Informasi dan Teknologi, hal ini terbukti dengan sudah di Lounchingnya Blogspot yang dimiliki oleh Madrasah, namun untuk mengisi artikel disana silahkan utuk mengirim secara langsung opininya di subosarang.blogspot.com.

Paragraf Deskripsi (Cerita) 
Adalah Paragraf yang menggambarkan suatu hal, baik itu benda, peristiwa, keadaan, ataupun manusia
Contoh : Liburan pada semester ini menjadi liburan yang sangat mengasyikkan, karena dalam liburan ini para siswa menikmatinya di Wahana Bahari Lamongan (WBL) yang mana dalam tempat wisata ini selain panorama yang begitu indah disana terlihat lautan yang terhampar luas, dan dihiasi beberapa penghijauan disana-sini, sehingga terlihat begitu indah serasa hidup di Amazon Amerika.

Paragraf Argumentasi (Pendapat) 
Adalah Pemberian alasan yang kuat dan menyakinkan/paragraf yang mengemukakan alasan.
Contoh : Industrialisasi di Negara kita mendorong didirikannya berbagai macam pabrik yang memproduksi beraneka ragam barang. Pabrik-pabrik itu memberikan lapangan kerja kepada ribuan tenaga kerja baik yang berasal dari masyarakat sekitar pabrik maupun dari daerah-daerah lain. Dengan demikian dengan beraneka macam pabrik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar