Jumat, 13 Desember 2013

Berita


Definisi Berita
Berita merupakan bentuk sajian informasi dalam bentuk tulisan (surat kabar) maupun lisan (radio/televisi) dari sebuah peristiwa/kejadian yang oleh khalayak dipandang sebagai informasi yang penting untuk diketahui. Macam informasi yang tersaji dalam berita dapat berupa berita politik, ekonomi, olahraga, kriminal, hukum, dan sebagainya

Pokok-pokok berita meliputi unsur informasi: Untuk menyimpulkan isi berita perlu memahami pokok-pokok berita. Pokok-pokok berita merupakan hal-hal penting dari sebuah Berita

Pokok-pokok berita meliputi unsur informasi:
1.    Apa yang diberitakan (what)
2.    Siapa saja yang diberitakan (who)
3.    Di mana peristiwa terjadi (where)
4.    Kapan peristiwa terjadi (when)
5.    Mengapa peristiwa terjadi (why)
6.    Bagaimana akhir dari peristiwa (how)
Unsur-unsur  tersebut biasa dikenal dengan istilah 5W + 1H

Langkah-langkah menyimpulkan berita :
1.  Siapkan alat tulis untuk mencatat hal-hal penting berita yang didengar!
2.  Mulailah mendengarkan berita yang diperdengarkan dengan penuh konsentrasi!
3.  Catatlah hal-hal penting yang berpedoman pada unsur 5W + 1H!
4. Berdasarkan catatan hal-hal penting tadi, rangkailah ke dalam sebuah paragraf simpulan isi berita!

Ciri-ciri Berita
Suatu tulisan akan dikelompokkan menjadi berita jika mengandung 4 ciri yaitu:
Aktual, Faktual, Penting, dan Menarik.
Aktual artinya hangat, terbaru, terkini atau tidak ketinggalan zaman (up to date) atau masih aktual, masih baru dan masih sesuai untuk dibicarakan. Faktual artinya ada faktanya, benar-benar terjadi, objektif, sumbernya jelas dan dapat dibuktikan. Penting berarti dapat dijelaskan dari dua sisi. Pertama dianggap penting karena sifatnya yang sangat berdampak besar bagi masyarakat atau pemerintah, seperti: kebijakan pemerintah, peristiwa yang sedang melanda negara, atau hal lain yang perlu diketahui semua lapisan masyarakat. Kedua penting dari sisi asal atau sumber berita. Biasanya menyangkut tokoh atau orang yang memberitakan. Menarik artinya memicu rasa ingin tahu pembaca. Rasa ingin tahu pembaca itu dapat dilihat dari sifatnya yang dapat memenuhi keinginan kuat pembaca untuk mengetahuinya. Salah satunya dilihat dari sisi penyajian, kemasan atau penyampaian isi berita itu sendiri.

Jenis-Jenis Berita
1. Berita langsung
    Berita yang diambil dari kejadian/peristiwa langsung. Bersifat baru dan penting.
2. Berita ringan
Tidak mementingkan kebaruan berita.
Menonjolkan aspek manusiawi dalam berita
3. Berita Kisah
Berita tentang kejdian/peristiwa yang dapat menyentuh perasaan atau menambah wawasan pembaca/pemirsa

Contoh Berita
Moskwa
Seratus warga sebuah desa di Rusia menolak menukar paspor lama dengan paspor baru. Pasalnya mereka percaya bahwa kode yang ada di paspor baru mengandung simbol-simbol setan. Demikian dilaporkan televisi negara, Rabu (22/3). ”Kami percaya bahwa paspor baru penuh dengan dosa” kata Valentina Yepifanova, warga Desa Bogolyubovo kepada stasiun televisi Russiya. Dia bertekad tetap mempertahankan paspor lamanya. ”Paspor baru dilengkapi dengan kode (baru) dan orang-orang bilang kode itu mengandung tiga angka enam. Kami menentang hal itu”, ujarnya. Beberapa warga Bogolyubovo yang berarti ”Cinta Tuhan” dalam bahasa Rusia ” juga tidak bersedia mengambil uang pensiun di kantor pos setempat sebab slip pembayaran uang pensiun juga dianggap mengandung simbol-simbol setan. (Kilasan kawat sedunia Kompas, Sabtu, 24 maret 2007).

Analisis
Berdasarkaan hasil pengamatan Anda, adakah Anda melihat salah satu jawaban dari pertanyaan 5W + 1 H itu? Apakah jawaban itu diletakkan pada awal paragraf? Jika Ya, jawaban Anda benar. Kalimat awal pada paragraf pertamanya berbunyi:” Seratus warga sebuah desa di Rusia menolak menukar paspor lama dengan paspor baru.” Pada kalimat pertama ini memuat sekaligus tiga jawaban pertanyaan yaitu 1. Siapa (Who) yang diberitakan? Jawabannya seratus warga sebuah desa. 2. Kejadian apa yang diberitakan(What)? Yaitu warga Rusia secara beramai-ramai menolak menukarkan paspor lama dengan paspor yang baru. 3. Di mana kejadian yang diberitakan itu berlangsung (Where)? Jawabannya di Desa Bogolyubovo-Rusia. Masih ada tiga pertanyaan lagi yang belum ditelusuri yaitu pertanyaan: bilamana (When)?, mengapa (Why)?, dan bagaimana (How)? Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa pernyataan itu adalah : 1. Jawaban pertanyaan bilamana tidak tertera secara tegas di dalam wacana ini kapan waktunya. Jika dihubungkan dengan saat pemuatan berita ini di televisi Russiya akan dapat diketahui yaitu saat pertama kali diberitakan di televisi Rusia. Adapun untuk jawaban kapan diterbitkannya, kita dapat menjawab dengan berpatokan pada kejadian kegiatan penukaran paspor sebagai kegiatan yang memerlukan waktu relatif lama bisa membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Jawaban W kelima yang berkenaan dengan jawaban pertanyaan mengapa (Why), kita dapat merujuk pada pernyataan kalimat berikut: ”Pasalnya mereka percaya bahwa kode yang ada di paspor baru mengandung simbol-simbol setan”. Jadi jawabannya ”Penduduk tidak mau menukarkan paspor lamanya karena paspor baru dianggap mengandung simbol-simbol setan. Untuk menjawab pertanyaan bagaimana (How) dapat dilihat pada pernyataan: ”masyarakat Rusia itu masih tetap tidak mau menukarkan paspor barunya dengan paspor lama yang dimiliki mereka karena alasan keyakinan yang dipercayai tentang simbol setan yang dilambangkan dengan tiga angka enam karena dianggap bertentangan dengan nama desa mereka yang berarti ”Cinta Tuhan.” Jadi wacana berjudul ” Moskwa” ini termasuk jenis berita karena memenuhi persyaratan tahapan berita.

Latihan
a. Tuliskan pokok-pokok berita yang telah kalian dengarkan
b. Sarikan pokok-pokok berita tersebut menjadi isi berita
c. Tuliskan kembali isi berita tersebut kedalam satu alinea.


Uji Kompetensi
Banjir Jakarta
Hujan yang nyaris tanpa henti mengguyur ibu kota dan sekitarnya empat hari berturut-turut, Minggu (4/2), membuat lumpuh Jakarta. Banjir mulai merambah Istana Negara di kawasan Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta. Dampak banjir yang terjadi sejak Kamis (1/1) itu menyebabkan 20 orang tewas, 1 orang hilang, dan puluhan ribu orang mengungsi. Korban tewas diakibatkan kedinginan, hanyut terbawa arus, dan tersengat listrik
Genangan air juga merambah kawasan Gambir, Jl. Medan Merdeka termasuk Istana. Hal itu terjadi setelah pintu air Manggarai yang mengarah ke Istana Presiden dibuka. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak keberatan pembukaan pintu air yang mengarah ke istana tersebut.
‘’Itu menjadi wewenang instansi terkait. Tidak ada perintah khusus.Saya tidak keberatan meski berdampak menggenangi kawasan istana dan daerah Menteng,’’ ujar SBY di sela-sela kunjungannya ke daerah banjir di Bekasi, kemarin.
Sejak pukul 13.00, pintu air Manggarai dinyatakan siaga I dengan ketinggian air 1.040 cm. Pagi harinya tinggi air di pintu tersebut mencapai 1.090 cm, jauh di atas batas normal 700 cm. Sementara Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) meramalkan, hujan lebat dan ringan masih akan terjadi di daerah Bogor, Depok, dan Jakarta sampai Senin (5/2).
Genangan air setinggi satu meter juga melanda kawasan  Kebonsirih, Jakarta Pusat. Hal itu terjadi karena tanggul di Tanah Abang  jebol. Akibatnya, banjir menggenangi kawasan Kebonsirih, lalu   merembet ke Gambir dan masuk kawasan Jl. Medan Merdeka.
Selain itu, genangan air setinggi satu meter Minggu petang Mengepung  kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Sampai pukul 18.00  ketinggian air belum surut.
Datangnya banjir susulan masih mewarnai penderitaan sebagian warga, terutama yang tinggal di sekitar bantaran Kali Ciliwung. Ini  akibat hujan masih terus mengguyur kawasan Bogor. Bahkan hujan deras  yang terjadi di Selatan Jakarta itu membuat ketinggian air di pintu air  Katulampa meningkat mencapai 180 cm dari batas normal 150 cm.
                                       Sumber: Suara Merdeka, 5 Februari 2007 dengan pengubahan
 
Simaklah dan Jawablah pertanyaan dibawah ini
1.  Tulislah minimal tiga pokok-pokok berita yang terdapat dalam rekaman berita atau yang diperdengarkan!
2. Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan dalam satu paragraf!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar