Madrasah | : | MTs. SUNAN BONANG SARANG |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | 4 x 40 menit (2 x pertemuan) | |
A. Standar Kompetensi | : | 2. Mengungkapkan pikiran,perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan |
B. Kompetensi Dasar | : | 2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni/produk) dengan bahasa yang lugas dan santun |
C. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menentukan kekurangan dan keunggulan karya.
- Siswa dapat memberikan kritik dan saran dengan bahasa yang lugas dan santun.
D. Materi Pembelajaran
Kritik dan saran
E. Metode Pembelajaran
1. Pemodelan
2. Inkuiri
3. Demonstrasi
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan
| 5’ | Tanya jawab |
2 | Kegiatan Inti A. Eksplorasi
| 65’ | Pemodelan Tanya jawab Diskusi |
B. Elaborasi
| |||
C. Konfirmasi Guru memberikan penegasan hasil diskusi. | |||
3 | Penutup Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati karya seni/produk lalu mengapresiasinya. | 10’ | Penugasan Tanya jawab |
No. | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan
| 5’ | Tanya jawab |
2 | Kegiatan Inti A. Eksplorasi
| 65’ | Pemodelan Tanya jawab Diskusi |
B. Elaborasi
| |||
C. Konfirmasi Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara mengkritik dan memuji karya seni/produk yang baik. | |||
3 | Penutup
| 10’ | Penugasan Tanya jawab |
E. Sumber Belajar
- Buku-buku fiksi
- Cerpen di koran / majalah.
G. Penilaian
a. Indikator | : | (1) Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya; (2) Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang santun. |
b. Teknik : Penugasan.
c. Bentuk instrumen : Rubrik
d. Soal /Instrumen :
- Sebutkan keunggulan yang dimiliki cerpen yang kalian baca.
- Sebutkan kekurangan yang dimiliki cerpen yang kalian baca.
Rubrik
No | Aspek yang dinilai | Penskoran | ||
3 | 2 | 1 | ||
1 2 | Isi kritik Penggunaan bahasa |
Keterangan :
3 = Tepat sekali
2 = Terdapat beberapa yang tidak sesuai
1 = Tidak sesuai dengan cerpen
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Skor Perolehan | ||||
Nilai Akhir | = | ——————– | x | Skor Ideal (100) |
Skor Maksimal |
Mengetahui Sarang, 28 Juli 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Hj. NI'MATIN, S.Ag. M. Ali Haidar Tj, S.H, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar